Posted by : blogger binawiyata Selasa, 13 September 2011


Sumber: polisieyd.blogsome.com (Polisi EYD)

-----------------------------------------------------------------------------------

Dibalik?
Oleh Polisi EYD

rony.digitalmediaworks.web.id: Dibalik Cerita Dahyang Sumbi.
Pemakaian kata depan di dan awalan di- yang sering tertukar adalah termasuk kesalahan yang paling banyak dilakukan. Beberapa kesalahan tersebut dapat langsung kita lihat dari kata yang mengikutinya. Misalnya, kata “dipasar” sudah tentu salah karena pasar adalah kata benda sehingga penulisan yang benar adalah “di pasar”. Demikian juga halnya dengan kata “di makan”, sudah jelas salah karena makan adalah kata kerja sehingga kata tersebut seharusnya ditulis “dimakan”.
Namun ada pula kata benda yang dapat diperlakukan sebagai kata kerja, atau yang berubah menjadi kata kerja setelah diberi awalan me- atau di- sehingga penambahan awalan di- ataupun kata depan di tidak bisa serta merta kita nilai kesalahannya tanpa melihat konteks kalimat secara keseluruhan.
Penulisan kata “dibalik”, misalnya, adalah benar pada kalimat “Agar tidak kotor, kertas itu harus dibalik“, tetapi salah pada kalimat “Siapa otak dibalik pembunuhan itu?”.
Andaikan kalimat Fakta Dibalik Ledakan Bom London adalah benar, maka kalimat tersebut bisa kita tulis ulang menjadi Ledakan Bom London Membalik Fakta. Apakah itu yang dimaksud dalam kalimat ini?
Hasil pencarian di Google menghasilkan begitu banyak kesalahan pemakaian kata “di balik”. Dari sekitar 29.300 situs yang muncul, 90 situs pertama yang saya amati menggunakan kata “dibalik” yang salah alih-alih “di balik”.
Ayo, di balik kesibukan menulis, penulisan kata depan dan awalan di jangan dibalik, ya!

Album nya Memenangkan
Oleh Polisi EYD

susilo.typepad.com: The unwanted chapter of Michael Jackson, alinea kelima:
Album nya yang kedua, Thriller, menjadi hit diseluruh dunia, dan pada 1984 ia memenangkan 8 Grammy Awards.
Jangan ragu-ragu menulis akhiran -nya —sebagai kata ganti milik maupun yang menyatakan kata benda— tanpa spasi: Albumnya. Apabila kata yang mendahuluinya adalah kata asing atau huruf besar, pisahkan dengan tanda sambung. Contoh: KTP-nya disimpan di atas meja.
Di seluruh yang benar. Agaknya kesalahan semacam ini yang sering dijumpai, mencampuradukkan di sebagai kata depan dengan di- sebagai awalan. Kealpaan macam ini seharusnya dapat dihindari apabila kita lebih cermat dalam menulis.
Terakhir, dalam kalimat tersebut, kata mana yang tepat dipakai: memenangkan atau memenangi? “Dia memenangkan Grammy Awards”, atau “Dia memenangi Grammy Awards”?
Jika saya memenangi sebuah pertandingan, saya yang menang, sedangkan juri memenangkan saya, ia yang menyebabkan saya menang. Demikian juga, sebagaimana rumah dilempari dan tidak dilemparkan, kita juga harus mengatakan orang ditugasi dan pekerjaan ditugaskan kepada kita.

Leave a Reply

silahkan komentar.....

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

My Friend

- Copyright © Blogger Binawiyata -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -